Proposal Penelitian Kuantitatif

  1. JUDUL

KORELASI ANTARA BIMBINGAN PAI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA DI SMP NEGERI 1 SAYUNG DEMAK TAHUN 2007/2008

 

  1. LATAR BELAKANG MASALAH

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa adalah lingkungan. Sedangkan lingkungan ada beberapa macam seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Lingkungan keluarga adalah yang mula-mula dikenal oleh seorang anak dalam mengenal pendidikan atau bimbingan seperti dalam hadist yang berbunyi sebagai berikut :

كل ﻣﻭﻠﻭﺪ ﻳﻭﻠﺪ ﻋﻠﻰ ﺍﻠﻓﻃﺮﺓ ﻓﺄﺑﻭﺍﻩ ﻳﻬﻮﺪﺍﻧﻪ ﺍﻮﻳﻧﺼﺮﺍﻧﻪ ﺍﻮﻳﻤﺠﺴﺎﻧﻪ (رواه مسلم)

 

Artinya

“Setiap anak yang dilahirkan telah membawa fitrah hanya bapak, ibunya lah yang menjadikan anak itu yahudi, nasrani, atau majusi”. (H.R.Muslim )[1]

 

Maka dari hadist di atas, jelas pada dasarnya anak dilahirkan dalam keadaan fitrah atau suci .kemudian tergantung orang tuanya dalam mendidik anaknya yang diberikan melalui kesehariannya, baik secara langsung atau tidak langsung dan melalui tingkah laku atau keteladanan.

Anak merupakan amanat dari Allah SWT kepada orangtua agar dapat dibimbing dengan baik. dididik supaya menjadi anak yang berbakti dan menjadi  anak yang saleh sehingga orangtua di dalam memberikan bimbingan atau pendidikan kepada anak-anaknya harus berhati-hati karena anak cenderung meniru perbuatan orang tuanya.

Lepas dari orang tua, anak dalam proses belajar mengajar di sekolah guru yang memegang peranan yang sangat penting, guna keberhasilan anak dalam mencapai cita-citanya. Seperti pendidikan agama misalnya, orangtua siswa di rumah dan guru agama di sekolah haruslah sama-sama tahu tentang peranannya di dalam mendidik dan membimbing si anak agar supaya dapat hidup sesuai dengan ajaran islam.

Sesuai dengan pendapat Zuhaerini dkk, bahwa pendidikan agama adalah usaha secara sistematis dan pragmatis dalam membantu anak didik agar supaya hidup sesuai dengan ajaran islam.[2]

Oleh karena itu tentu ada kaitannya jika seorang anak berhasil dalam prestasinya di sekolah karena ditunjang oleh pendidikan atau bimbingan orang tua di rumah, sebaliknya jika anak kurang berhasil dalam prestasi di sekolah kemungkinan kurang mendapat bimbingan dari orang tuanya di rumah.

Bisa didownload di sini…Proposal


[1] Adib Bisri Mustofa, Terjemah Shaheh Muslim Jilid IV, Semarang, Asyiffa, 1993, hlm. 587.

 

            [2] Zuhaerini, dkk. Metodik Khusus Pendidikan Agama, IAIN, Sunan Ampel Malang, Surabaya, 1983, hlm. 25

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s